Mushaf Ibn Mas’ud


BANTAHAN TERHADAP FITNAH PARA ORIENTALIS

 

Tuduhan terhadap Mushaf-mushaf  pra-Uthmani

 

Mushaf  Abdullah ibn Mas’ud

 

Salah seorang dari kaum orientalis Arthur Jeffery (m. 1959) mengutip pendapat yang menyebutkan bahwa Ibn Mas’ud menolak menyerahkan mushafnya kepada Uthman ketika Uthman mengirim teks standart ke Kufah dan memerintahkan supaya teks-teks lainnya dibakar.

Ibn Mas’ud marah karena teks standart tersebut diprioritaskan, padahal teks yang disusun oleh Zayd ibn Thabit yang jauh lebih muda. Ketika Ibn Mas’ud sudah menjadi muslim, Zayd masih berada dalam pelukan orang-orang kafir.

Ada sebuah kesalahan besar dari Jeffry, dia sama sekali tidak mengungkap sikap menyeluruh dari Abdullah ibn Mas’ud, padahal dari kedua buku yang diedit oleh Jeffry, disebutkan dengan jelas bahwa ibn Mas’ud menimbang kembali pendapatnya yang awal dan akhirnya kembali lagi kepada pendapat Uthman dan para sahabat lainnya. Ibn Mas’ud menyesali dan malu dengan apa yang telah dikatakannya.

(Kitab al-Mabani, yang diedit oleh Jeffery pada tahun 1954 menyebutkan Ibn Mas’ud menyesali sikapnya dan menyetujui Mushaf `Uthmani. Lihat Arthur Jeffery, Kitab al-Mabani, hlm. 95. Bandingkan juga dengan Kitab al-Masahif, 1: 193-195.)

 

Mengomentari tidak dimasukkannya Ibn Mas’ud sebagai tim kodifikasi, Ibn Hajar al-‘Asqalani berpendapat bahwa saat pembentukan tim kodifikasi, Ibn Mas’ud tidak berada di Kufah, padahal pada waktu itu Uthman sangat terdesak untuk membentuk tim kodifikasi di Madinah.

 

 

 

Sumber: Metodologi Bibel dalam Studi Al-Qur’an karya : Adnin Armas M.A.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: